Berita Terkini Indonesia

Antusias Warga Dairi Tumpah Ruah Di Acara Hiburan Pesta Budaya Njuah-juah

Dairi-metro24news |Hari Ke 2 masih terlihat Ribuan masyarakat Kabupaten Dairi tumpah ruah menyaksikan acara Pesta Budaya Njuah-juah yang berlangsung meriah di halaman Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang.(Rabu,01/10/2024)

Dimana pelaksanaan kegiatan Pesta Njuah Njuah 2024 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) di sambut meriah oleh masyarakat.

Pesta Budaya Njuah Njuah ini merupakan pesta rakyat Dairi yang dilaksanakan setiap tahun sekaligus menyambut dan merayakan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, yang tahun 2024 ini sebagai hari jadi ke 77 tahun.

Pembukaan acara dimulai dengan kirab budaya dari depan Kantor Bupati, oleh kontingen yang mewakili masyarakat dari 15 Kecamatan dan seluruh OPD Kabupaten Dairi serta Organisasi Masyarakat.

Kontingen kirab disambut oleh Pj. Bupati didampingi unsur Forkopimda dan Tokoh Masyarakat Pakpak Dairi didepan Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang.

Setiap kontingen, datang dengan membawa buah tangan berupa hasil bumi, buah-buahan dan sayuran dari daerahnya masing-masing.

Dalam pembukaan acara Pesta Budaya Njuah Njuah ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, yang beberapa waktu lalu telah ditabalkan sebagai warga Pakpak dengan marga Kudadiri, turut menyampaikan ucapan selamat dan sukses melalui rekaman video.

Menurut Menparekraf, Sandiaga Uno, Pesta Njuah Njuah merupakan event unggulan di kawasan Danau Toba yang diyakini akan menampilkan keberagaman budaya dalam rangka aktualisasi budaya daerah Dairi dan pengembangan budaya Pakpak serta menunjukkan betapa pentingnya pelestarian budaya guna memajukan daerah.

Menparekraf juga berharap, agar melalui event Pesta Njuah Njuah ini, kedepannya dapat memperkuat identitas dan menampilkan potensi budaya yang dimiliki Kab. Dairi sebagai daya tarik wisata unggulan di Propinsi Sumatera Utara.

Rahmatsyah Munte, S.STP, MSi, Selaku Kepala Dinas Parbudpora Dairi, menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Njuah Njuah ini, merupakan upaya untuk mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan budaya Pakpak sebagi Budaya Akar di Kabupaten Dairi, seperti, Persodipen (Doa Bersama), Pemberian penghargaan kepada Masyarakat Adat dan selanjutnya dirangkai dengan berbagai perlombaan, Lomba Tatak Moccak Pakpak, Lomba Menulis Cerpen,

Lomba Menari, Lomba Menyanyi, Lomba Mewarnai untuk SD dan Lomba Kerajinan Tangan, yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan budaya dari adat Pakpak.

Terpisah Dalam kata sambutannya, Pj. Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bancin, ST, MM, mengatakan, bahwa Pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan kegiatan dan aktualisasi budaya daerah dari program Pemerintah dalam pengembangan nilai-nilai budaya. Pesta Budaya Njuah-Njuah juga menjadi momentum yang paling tepat untuk mempertahan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam kebudayaan Pakpak.

“Kita berharap kepada generasi muda agar tetap mempelajari budaya-budaya, khususnya budaya Pakpak berupa tulisan, musik dan tari-tarian yang bisa dikemas secara moderen maupun tradisional,” ujarnya.

Pj. Bupati Dairi menegaskan, bahwa kegiatan Pesta Budaya Njuah-Njuah bukan hanya sekedar pesta. Tetapi harus menghasilkan buah dan sesuatu yang bermanfaat.
Setelah mengakhiri sambutan, Pj. Bupati mengajak unsur Forkopimda Dairi untuk memukul gong sebagai pembukaan kegiatan.
(Haposan lbn gaol)