Berita Terkini Indonesia

SMKN 2 Rantau Utara Mengikuti Pelombaan Tryout Olimpiade Merdeka Belajar Piala Polres Labuhanbatu

Labuhan Batu -metro24news.com ||SMKN 2 Rantau Utara Mengikuti Pelombaan Tryout Olimpiade Merdeka Belajar Polres Labuhanbatu

di Aula Serbaguna Mapolres Labuhanbatu, Jalan MH. Thamrin, Rantauprapat, di Kabupaten Labuhanbatu. Sabtu, 19 Oktober 2024.

 

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperebutkan Piala Kapolres Labuhanbatu dengan melibatkan sekitar 1.200 siswa SMA dari berbagai sekolah, dimana SMKN 2 Rantau Utara mengirimkan 80 Siswa-siswinya untuk mengikuti perlombaan tersebut.

 

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Labuhanbatu, AKBP Dr. Bernhard L. Malau, S.I.K., M.H., Wakapolres, Kompol H. Matondang, S.H., M.H., serta jajaran perwira Polres Labuhanbatu. Hadir pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatera Utara, Dr. Drs. Rahmad Hidayat Rambe, M.Pd., dan Kepala SMKN 2 Rantau Utara Khoyan Nasution,S.Pd, Kepala Sekolah SMA 1 Rantau Utara, Kepala Sekolah SMA 2 Rantau utara, Kepala Sekolah SMA 3 Rantau Utara, Kepala Sekolah SMA 1 Rantau Selatan, Kepala Sekolah SMA 2 Rantau Selatan, Kepala Sekolah 1 Bilah Hilir, Kepala Sekolah SMA 2 Bilah Hilir, Kepala Sekolah SMA 1 Bilah Hulu, Kepala Sekolah SMA 2 Bilah Hulu, Kepala Sekolah SMA 1 Panai Hulu dan para guru pendamping.

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatera Utara, Dr. Drs. Rahmad Hidayat Rambe, M.Pd menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mendorong semangat belajar para siswa. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polres Labuhanbatu dengan pihak pendidikan, dan melalui tryout ini, kami berharap anak-anak muda dapat mempersiapkan diri mereka lebih baik dalam menggapai cita-cita. Disiplin dan kerja keras adalah kunci untuk sukses.

 

Tryout olimpiade ini meliputi beberapa materi seperti Tes Wawasan Kebangsaan, Bahasa Indonesia, Tes Intelejensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Selain itu, Kapolres juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di kalangan pelajar, dengan menjauhi tindakan negatif seperti geng motor dan kejahatan jalanan, katanya.

 

Kepala SMKN 2 Rantau Utara Khoyan Nasution,S.Pd. menuturkan, Try out olimpiade adalah uji coba atau simulasi tes yang dilakukan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian olimpiade. Try out olimpiade, biasanya dilakukan oleh lembaga pendidikan, lembaga bimbingan belajar, atau organisasi lainnya.

 

Try out olimpiade merdeka ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya: mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian, membiasakan siswa agar lebih rajin dalam belajar, mengenalkan siswa pada jenis soal yang sesungguhnya, agar terbiasa dan tidak grogi, dan mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian, tutup Pak Khoyan. (AS).