Berita Terkini Indonesia

Promosikan Wisata, Disparbudpora Dairi Jelajah Alam Sidikalang Diikuti Goweser dari Luar Daerah

Sidikalang, Metro24News| Pemkab Dairi melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) melaksanakan jelajah alam Sidikalang melalui event sepeda dengan rute start dari Kantor Bupati Dairi dan finish Taman Wisata Iman Sitinjo (TWI) Sitinjo, Minggu (6/10/2024).

Kadis Parbudpora Dairi, Rahmatsyah Munthe menyampaikan, kegiatan jelajah alam Sidikalang dilaksanakan sebagai rangkaian dari Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-77.

“Kegiatan ini diikuti goweser-goweser dari Sumatera Utara, dan juga luar provinsi, seperti dari Padang dan Aceh dengan peserta lebih dari 300,” ucapnya.

Pada kegiatan ini, kata Rahmatsyah, pemerintah Kabupaten Dairi memberikan track yang on road dan off road.

“Jadi, kita bawa agar goweser-goweser dapat melihat keindahan alam dan merasakan kesejukan Kota Sidikalang,” sebutnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan menjadi ajang promosi Kabupaten Dairi.

“Kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan olahraga kepada masyarakat Kabupaten Dairi,” tuturnya.

Kegiatan even jelajah alam Sidikalang ini akan menjadi agenda tahunan, dan akan mendatangkan lebih banyak lagi peserta goweser-goweser dari luar daerah.

“Tahun lalu kita laksanakan di Silalahi dan tahun ini di Sidikalang. Kita mencoba memberikan pilihan wisata yang ada si Dairi kepada goweser dan wisatawan,” terangnya.

Sementara itu, Delmiwardi selaku Ketua Asosiasi Sepeda Rekreasi Indonesia (ASRI) Sumatera Barat mengapresiasi atas terselenggaranya jelajah alam Sidikalang tersebut.

“Track yang kita lalui lumayan bagus karena kita disuguhkan pemandangan perkampungan yang terdapat banyak perkebunan. Ada kebun kopinya, semoga tahun depan ada kebun durian yang sudah matang juga,” ucapnya sambil bergurau.

Ia pun berharap kegiatan jelajah alam Sidikalang lebih sering diadakan dan lebih banyak peserta yang mengikutinya.

“Jika kita bandingkan dengan kegiatan tahun lalu, pesertanya sudah lebih banyak tahun ini. Semoga dengan inisiasi dari Disparbudpora, Dairi semakin dikenal wisata alam dan juga budayanya,” ungkapnya.

Keterangan foto : para peserta jelajah alam Sidikalang melakukan persiapan. (fajar gunawan)