Berita Terkini Indonesia

Pomparan Si Raja Lumban Gaol Sedunia Berziarah Bersama Di Humbahas

Humbahas, Metro24News |Ziarah merupakan sebuah tradisi bagi suku Batak, dan kali ini Pomparan si Raja Lumban Gaol menggelar ziarah bersama di desa Sosor tangga kec Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera uttara, Sabtu (10/8/2024).

Ziarah dilaksanakan setelah selesai acara kebaktian yang diadakan di rumah Parsadaan Toga Marbun di Desa Marbun TongaTonga, Kec Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan.
Kemudian seluruh Pomparan si Raja Lumban Gaol nampak tilas menuju makam si Raja Lumban Gaol.
Hadir dalam kegiatan ziarah tersebut, Letkol Bobby Parlin Lumban Gaol, Alex Lumban Gaol dan keluarga besar si Raja Lumban Gaol Boru,, Bere,, Ibebere.
“Ziarah bersama adalah ajang besar silaturahmi pomparan si Raja Lumban Gaol pada umumnya dan khususnya yang belum sempat bertemu untuk saling berkenalan  maka ziarah bersama inilah momen terbaik yang dapat terwujud” ujar Letkol Bobby Parlin Lumban Gaol MH, kepada metro24news.com.
Menurut Letkol Bobbi, ziarah merupakan ajang besar silahturahmi, karena ziarah ini mampu mengumpulkan semua pomparan ,atau keturunan si Raja Lumban Gaol se Indonesia bahkan sedunia.
Lanjutnya, silahturahmi yang di maksud sangat sesuai dengan tema ziarah bersama tahun ini dimana keturunan si Raja Lumban Gaol yang belum atau tidak saling kenal dapat bertemu di hari ini.
Selain itu, momen  ziarah bersama perekat tali persaudaraan keluarga besar si Raja Lumban Gaol Boru, Bere, Ibebere, Tutur Boby.
“Ibadah yang kita laksanakan juga menjadi aplikasi iman yang kita percaya sebagai,, IKKON  PASANGAPONMU NATORASMU,, patik palimahon. Dan juga keluarga besar si Raja Lumban Gaol” seru Bobby dengan semangat.
Letkol Bobby juga mengharapkan agar marga si Raja lumban Gaol menjadi salah satu yang selalu pengang teguh kerendahan hati dan sikap melayani sesama.
Sementara itu, Ketua Partangiangan si Raja Lumban Gaol Kec Sidikang Kabupaten Dairi, Alex Lumban Gaol menyampaikan harapannya kepada seluruh keluarga besar Pomparan Si Raja Lumban Gaol Sedunia untuk menjaga dan melestarikan budaya berziarah ke makam leluhur.
“Harapan saya kedepan ditahun tahun berikutnya lebih banyak lagi yang antusias datang ziarah bersama sebagai bentuk silahturahmi  dan semakin memupuk rasa persaudaraan sesama pomparan si Raja Lumban Gaol” tutur Alex Lumban Gaol.(Haposan)