Berita Terkini Indonesia
Ekobis  

Lantik Pengurus Perkaba Sumatera Utara, Javerson Simamora : Ini Wadah Para Abang Becak

Dairi, Metro24News| Usai melantik pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Abang Becak (Perkaba) Sumatera Utara di aula One’s Hotel Jalan Ahmad Yani Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Penasehat Perkaba Sumatera Utara, Ps. Javerson Simamora, ST, SH, MBA, MH (c), Mth mengatakan, Perkaba ini adalah organisasi sosial dan tempat berbagi para abang becak.

“Tujuan utamanya ini kita bentuk untuk mewadahi para abang becak di Sumatera Utara,” kata Javerson, Senin (16/9/2024).

Disebutkannya, organisasi Perkaba ini legal standing, karena memiliki ijin dari Kementerian Hukum’ dan HAM.

“Jadi jangan berkecil hati dan ragu untuk bergabung dalam organisasi Perkaba ini,” ujar Javerson.

Menurutnya, besar kecilnya organisasi Perkaba ini tergantung dari seluruh anggota. Untuk itu harus optimis, bahwa organisasi ini akan membawa sesuatu kearah yang lebih baik.

“Kedepan melalui Perkaba ini, kita harapkan banyak anak-anak abang becak menjadi orang sukses dan pejabat,” harapnya.

Untuk pengurusan Perkaba Sumatera Utara yang dilantik, Ketua Ronald M. Sijabat, Sekretaris Ester MH Sianturi dan Bendahara Sakti PR Aritonang.

Usai dilantik Ketua Perkaba Sumatera Utara Ronald M. Sijabat menyebutkan, Perkaba ini sebagai wadah komunikasi yang berbasis organisasi dalam mempersatukan abang becak yang akan saling melengkapi dalam bentuk kegiatan, baik dalam bidang sosial dan kesejahteraan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Wadah mempersatukan abang becak melalui visi dan misi, yaitu peduli, bersatu, sosial, dan bersaudara, serta peduli dengan sesama dan lingkungan,” kata Ronald.

Selain itu bersatu dan bergotong royong dalam membangun kebersamaan diantara sesama anggota, baik suka dan duka. Sosial dalam masyarakat lewat kegiatan yang membangun keamanan dan keberagaman suku, budaya dan agama.

Bersaudara kepada seluruh anggota keluarga besar dan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dan etika yang meneladani undang-undang NKRI dan Pancasila.

“Serta mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial dan rasa toleransi beragama dalam kehidupan bermasyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan Ronald untuk Kantor Perkaba Sumatera Utara berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 90, Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Sementara itu, Depriwanto Sitohang calon Wakil Bupati Dairi yang hadir dalam pelantikan itu mengatakan, organisasi bagi abang becak ini sangat perlu, karena bisa untuk berdiskusi, mendapat banyak pelajaran dan berbagi pengalaman.

“Selain itu membuat kita lebih mapan dan dewasa,” kata Depriwanto.

Pemimpin-pemimpin di negeri ini juga lahir dari organisasi-organisasi. Untuk itu Perkaba harus punya mimpi agar lebih baik kedepannya.

“Organisasi ini tidak hanya sekedar berkumpul, tetapi kita bentuk ini harus ada sesuatu yang lebih baik kedepan bagi Perkaba,” ujarnya

Lewat organisasi ini tidak menutup kemungkinan dari Perkaba nantinya akan lahir pengusaha, anggota DPRD, bupati dan wakil bupati dan lain-lain.

“Jadi ketika kita sudah berhasil jangan tinggalkan dan lupakan organisasi Perkaba ini,” ucapnya.

Dari visi dan misi serta program Perkaba yang disampaikan tadi sangat bagus, dan memang itulah seharusnya organisasi.

“Dalam organisasi ini kita harus punya pengharapan, bahwa hari esok adalah lebih baik,” tuturnya.

Sebelum acara pelantikan terlebih dahulu dilaksankan kebaktian yang dipimpin oleh, Pdt Dr Samuel Abdihu, SE, Mth. (fajar gunawan)

Keterangan foto : Penasehat Perkaba Sumatera Utara melakukan pemotongan nasi tumpeng. (fajar gunawan)